aplikasi cek bantuan pemerintah 2022

Cek Bantuan Pemerintah 2022 Lewat HP

Tahun 2022 ini Banyak Bantuan Dari Pemerintah Untuk Masyarakat Berikut ini cara Cek Bantuan Pemerintah 2022 Lewat HP

Tahun Baru 2021 telah kita lewati, saatnya kita menginjakkan kaki di tahun 2022. Masih dam kondisi Pandemi yang belum mereda, Pemerintah Republik Indonesia berencana menganggarkan Bantuan Pemerintah 2022 untuk Masyarakat. Masyarat dapat Cek Bantuan Pemerintah 2022 Lewat HP

Rencana Bantuan Pemerintah 2022 ini di kabarkan menelan anggaran APBN hingga mencapai 414 Triliun, untuk alokasi beberapa pos anggaran, antara lain Prakerja, Bantuan Program Keluarga Harapan atau PKH, dan juga Bantuan Pangan NON Tunai  atau disebut BNPT, serta juga beberapa Bantuan yang melibatkan anggaran Dana Desa.

Seluruh Anggaran Bantuan Pemerintah 2022 ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat yang terdampak  pandemi covid-19 ini. Ini adalah bentuk realisasi komitmen pemerintah dalam upaya kesejahteraan masyarakat.

Bagi Masyarakat yang berkepentingan dan berhak mendapatkan bantuan pemerintah ini dapat mengaksesnya baik secara Offline maupun Online, jika anda sempat melakukan pendaftaran secara Offline maka anda tinggal mendatangi Dinas Sosial Setempat.

 

Adapun Tahapan yang dilakukan adalah sebagiberikut :

  • Siapkan Kartu Tanda Penduduk / KTP dan Kartu Keluarga / KK
  • Berkunjung Ke Kantor Desa di Tempat Anda untuk mendaftar DTKS Kemensos
  • Jika Anda sudah mendaftar maka, Pihak Desa Atau kelurahan akan memutuskan peserta yang layak didaftarkan sebagai Penerima Bantuan DTKS Kemenses.
  • Kemudian Kepala Desa akan menandatangani berita Acara Peserta Penerima Bantuan kemensos
  • Selanjutnya Pihak Dinas Sosial akan melakukan Kunjngan Rumah Tangga untuk memvalidasi Data Berita acara dan juga Data – Data persyaratan lainnya, Secara lengkap.
  • Setelah Validasi data oleh Dinas Sosial maka, Tugas selanjutnya adalah dilakukan oleh operator desa yang akan menginput data SIKS atau Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial, yaitu Aplikasi Bansos milik Kemensos.
  • Proses lanjutannya adalah Validasi oleh Dinas Sosial dan Proses Pelaporan ke Bupati ataupun Walikota
  • Hasil dari Verifikasi yang telah mendapat pengesahan oleh Bupati atau Walikota, dilanjutkan dengan Pengesahan oleh Gubernur.
  • Dari Gubernur kemudian dilanjutkan ke Kementerian Sosial Republik Indonesia
  • Setelah data diterima Kementerian Sosial, maka Pihak Bank dalam hal ini Bank Milik Negara, akan memproses Pencairan Bantuan.
  • Bantuan yang secara khusus dibutkan Rekening untuk Pencairan adalah Penerima Bantuan Sembako, yaitu menerima Kartu Sembako yang dapat dicairkan kapanpun

Adapun Masyarakat Juga dapat Melakukan Prosedur Online Cek Bantuan Menggunakan Aplikasi Kementerian Sosial.

KLIK CEK DISINI DI BAGIAN ATAS

Leave a Reply

Your email address will not be published.